Pages

Saturday, November 22, 2014

Awal Puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H / 2015 M Diprediksi Kompak

Inilah saatnya semua ormas Islam bersatu, setelah beberapa tahun ke belakang selalu terjadi perbedaan dalam penentuan awal Puasa Ramadhan dan Idul Fitri. Seperti 2 tulisan saya dalam blog ini sebelumnya: (1) Kapan Puasa Ramadhan 1434 H / 2013 M dan (2) Prediksi Awal Puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1435 H / 2014 M.  Kedua tulisan tersebut memprediksi adanya perbedaan atau adanya ketidakkompakkan dalam penentuan awal puasa Ramadhan terutama pada dua ormas Islam terbesar di Indonesia yaitu NU dan Muhammadiyah, dan prediksi tersebut sudah terbukti benar.

Tapi kini, Pemerintah RI dalam hal ini Kementrian Agama Republik Indonesia beserta seluruh Ormas Islam di bawah naungannya (termasuk NU dan Muhammadiyah), diprediksi akan kompak dalam penentuan Awal Puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H / 2015 M. Semuanya akan menentukan sebagai berikut :

          Awal Puasa Ramadhan 1436 H     : Kamis, 18 Juni 2015 M
          Idul Fitri / 1 Syawal 1436 H         : Jumat, 17 Juli 2015 M
          Jumlah Hari Berpuasa                   : 29 Hari.

Hal ini berdasarkan hasil perhitungan sebagai berikut : *)

Awal Ramadhan 1436 H
     Ijtimak akhir bulan Sya'ban      : Selasa, 16 Juni 2015 M jam 21.05 WIB
     Tinggi hilal malam Rabu          : -2,32 derajat
     Tinggi hilal malam Kamis        : 10,15 derajat
     Tanggal 1 Ramadhan                : Kamis, 18 Juni 2015 M

Idul Fitri / 1 Syawwal 1436 H
     Ijtimak akhir bulan Ramadhan  : Kamis,16 Juli 2015 M jam 08.21 WIB
     Tinggi hilal malam Jumat          : 3, 62 derajat
     Tanggal 1 Syawwal                    : Jumat, 17 Juli 2015 M

Mengapa Kompak?

Kompaknya semua ormas Islam di Indonesia, termasuk Muhammadiyah yang selama ini sering berbeda dari yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, dalam penentuan awal puasa Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H / 2015 M bukan karena telah meleburnya dua metode penentuan awal bulan yang digunakan : Metode Rukyatul Hilal bil Fi'li (digunakan oleh NU dan ormas lainnya) dan Metode Wujudul Hilal (digunakan oleh Muhammadiyah). Tapi, kompaknya ini karena hasil perhitungannya memenuhi semua kriteria yang ada pada kedua metode tersebut.
(Bagi pembaca yang belum memahami perbedaan Metode Rukyatul Hilal Bil Fi'li dan Metode Wujudul Hilal, keduanya sudah saya jelaskan pada 2 tulisan saya yang telah saya sebutkan di atas)

Berdasarkan hasil perhitungan untuk awal Ramadhan 1436 H di atas. Tinggi hilal pada malam Rabu -2,32 derajat, artinya pada saat matahari terbenam, hilal berada di bawah ufuk, dengan kata lain hilal belum wujud dan pastinya tidak akan bisa dirukyat/dilihat. Baru pada malam Kamis nya tinggi hilal 10,15 derajat, artinya hilal sudah wujud dan sudah melebihi batas minimal 2 derajat untuk bisa dirukyat (kedua metode: wujud dan rukyat, terpenuhi). Dengan demikian, awal Ramadhan 1436 H adalah Hari Kamis, 18 Juni 2015 M.

Sama halnya untuk penentuan Idul Fitri 1 Syawal 1436 H, berdasarkan hasil perhitungan di atas, tinggi hilal pada malam Jumat 3,62 derajat, artinya hilal sudah wujud dan bisa dirukyat karena telah melebihi batas minimal 2 derajat (kedua metode: wujud dan rukyat, terpenuhi), jadi Hari Raya Idul Fitri 1436 H jatuh pada Hari Jumat, 17 Juli 2015 M.

Apakah kompaknya ini akan terus berlanjut? Kita berharap seperti itu. Semoga.

Kenapa Masih Ada Jamaah Yang Berbada?

Adanya jamaah yang masih berbeda dalam penentuan Awal Puasa Ramadhan dan Idul Fitri seperti sebuah Jamaah yang sering kita lihat di TV, adalah karena metode perhitungan yang mereka gunakan merupakan metode hisab lama (tidak pernah di-update di lapangan) yang sudah tidak sesuai lagi dengan realita pergerakan matahari dan bulan pada saat ini.

Walloohu a'lam Bishshowaab.


Hari Raya Idul Adha 1436 H / 2015 M diprediksi ada perbedaan.
Yuk belajar agama dari kitab pesantren!

-----------------------------------------------------
Sponsor:
-----------------------------------------------------



*) Hasil Hisab Lajnah Falakiyah Yayasan Perjuangan Wahidiyah dan Pondok Pesantren Kedunglo Kota Kediri Jawa Timur, dengan berdasarkan Imkanurrukyah untuk lokasi Jakarta (106.82'BT dan 6.18'LS)

56 comments:

  1. Assalamualaikum, Artikelnya sangat bermanfaat, mohon izin share. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Delete
  2. assalamuallaikum bapa Ayip Bunyamin, mohon maaf sebelumnya,saya lihat artikel bapa di blog tentang awal ramadhan, saya ingin sekali memasang artikel bapa di blog saya.jika bapa berkenan, saya akan memasang artikel tersebut.sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah kalau kompak semua ormas Islam biar tidak membingungkan Umat...

    BANDUNG Paris van Java With Love: CETAK KARTU UNDANGAN

    ReplyDelete
  4. wahhh.. moga puasa tahun ini lancar dan thx informasinya..

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah... Brarti puasa & idul fitri tahun ini bakal rame dari tahun2 sebelumnya..insyaAllaj..amiin

    ReplyDelete
  6. bermanfaat tuan.sila mampir ke pondok kami

    ReplyDelete
  7. Terima kasih atas informasi nya

    ReplyDelete
  8. Untuk 1Syawal blm tentu sama, krn 3 drjt blm tentu kelihatan, apalagi jika berawan...jika tdk bisa melihat bulan, genapkan 30 hari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk metode Wujudul Hilal (Muhammadiyah) sudah bisa dipastikan 29 hari, tapi utk metode Rukyatul Hilal Bil Fi'li memang hilal bisa terhalang awan walau sudah 3 derajat, tapi untuk negara seluas Indonesia hal ini (tidak terlihat hilal karena terhalang awan) kemungkinannya sangat kecil karena titik pantaunya tersebar luas, apalagi di musim kemarau. Jadi, prediksi saya : 1 Syawal tahun ini sama seperti tulisan saya di atas. (99,99%).

      Delete
  9. wwiipress.org cheap pr8

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum
    Terima kasih atas informasi nya, insya Allah bermanfaat dan saya mohon ijin share di FB saya .
    Wassalam

    ReplyDelete
  12. suhhanalloh makasih infonya pak :)

    ReplyDelete
  13. MasyaAllah sangat bermanfaat, Syukran
    Allahuakbar_Marhaban ya Ramadhan

    ReplyDelete
  14. al-hamdulillah senengnya kalo kompak..syukron infonya ustadz..

    ReplyDelete
  15. kompak gak kompak gak begitu masalah bagi saya, karena sudah ada pedoman2 sendiri penentuan tanggal 1 Ramarhan berdasarkan hadist dan ijtihad para ulama, yg terpenting adalah menjaga ukhuwah islamiyah di antara kita sesama umat muslim. syukron

    ReplyDelete
  16. Mhn izin dicopas utk dishare di group WA & BBM. Syukron katsiron ustadz....

    ReplyDelete
  17. Peluang usaha Pembayaran Online atau di sebut PPOB adalah usaha yang sangat diminati masyarakat Indonesia, dikarenakan menurut Data BI, pada 2007, transaksi pembayaran / mikro-payment di Indonesia mencapai Rp 270 triliun dan diperkirakan meningkat 5-10% per tahun (sekitar Rp 340 triliun di th 2010).
    Bisnis pembayaran memiliki umur (life-cycle) yang masih panjang dan akan terus meningkat dari waktu ke waktu
    PEMBAYARN PLN,PDAM,PULSA,TIKET KERETA, PESAWAT,HOTEL,CICILAN SEPEDA,BPJS DAN MASIH BANYAK LAGI 220 LEBIH PEMBAYRAN

    http://www.fastpaypromo.com
    Ppob, fastpay,tiket, pulsa, pdam, tiket kai, tiket pesawat,

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah,moga moga buat seterus nya ,aminnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete
  19. maksih atas infonya izin share ya pak, jika bapak berkenang.

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah, dengan suka cita dan berbahagia kita memasuki bulan Ramadhan 1436H ini yaitu bulan yang penuh berkah, Marhaban Yaa Ramadhan. IRIS PhotoBooth mengucapkan Selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadhan 1436 H, dan Memohon maaf di bulan yang penuh ampunan ini. Ramadhan adalah bulan yang suci, dan penuh rahmat Allah SWT,

    ReplyDelete
  21. sebenarnya dahulu dan sekarang sama-sama ada perbedaan, hanya seorang Muslim jika menggunakan AlQuran, Insya Allah tetap damai, karean perbedaan itulah seni Rahmat Allah untuk saling melengkapi kekurangan dan kelemahannya ( AlQuran.S.2:285 dan S.23 :62). Solusinya dalam penetapan Ramadhan adalah :
    1. Hilal adalah AlHaq (benar) sesuai AlQuran dan Hadits.
    2. Hisab adalah AlHaq (benar) sesuai AlQuran dan Hadist, jika tdk terlihat hilal
    3. Keyaqinan kepada Allah dengan Do`a ketaqwaan sama-sama menuju Allah.
    4. Berpeddoman pada Qiblat seperti Shalat, hanya perbedaan waktu 4 jam, di Indonesia magrib jam.18.00, diarab jam 14.00. dan baru kita bisa menetapkannya setelah lewat pukul 23.00-24.00 malam. Esok harinya sama-sama bisa berpuasa. Ini terjadi Jika di Indonesia meragukannya gunakan beerkiblat kepada waktu Ka`bah, Arab Saudi..akan selesai tak berpolemik.

    ReplyDelete
  22. Apakah kamu berharap punya kenangan Ramadan yang indah bersama kedua orangtuamu?

    http://ghibran.sharethisstory.net/id-635540-2234

    ReplyDelete
  23. Gimana,ya,sudah,tiada,keduanya,hanyalah,aku,ikuti,saja,kebaikannya,selamabeliau,keduanya,masih,hidup,itulah,doahku,yang,terbaik,dimata,AllahKu

    ReplyDelete
  24. makasih infonya
    http://obathernia.obatasliindonesia.com/

    ReplyDelete
  25. Artikel yang sangat bermanfaat sekali gan, Nice artikel

    http://obatnyapenyakit.com/obat-tradisional-keputihan-abnormal/

    ReplyDelete
  26. Assalamualaikum,infonya sangat bermanfaat bagi Kita yang masih awam

    ReplyDelete
  27. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat salam dari MUKENA UMRAH

    ReplyDelete
  28. pak ustad, bukanya di dalam alquran dikatakan, jika jumlah hari puasa ganjil, maka sebaiknya di genapkan? maksudnya itu gmana tuh pak, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  29. haii selamat pagi,, selamat beraktifitas,, artikelnya sangat bermanfaat sekali ditunggu artikel yang lainnya

    ReplyDelete
  30. Penjelasan diatas bisa dipahami, tapi tulisan di akhir menjadi pertanyaan? Metode yang digunakan sudah kuno oleh jamaah naqsabandiyah dan tidak sesuai lagi dg pergerakan matahari dan bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf atas kelalaian saya, dan sudah saya perbaiki. Terima kasih atas masukannya.

      Delete
  31. Peluang Bisnis Dahsyat Yusuf Mansur. "Orang islam harus KAYA"
    dan "Beli Kembali Aset Indonesia" dengan INDONESIA BERJAMAAH
    Segera Amankan Posisi Anda, Segera JOIN bersama
    Komunitas Paytren , bisnis terbaru Ustadz Yusuf Mansur
    Dengan Produk V-pay ( Virtual Payment ) Anda akan
    dimudahkan dalam hal urusan pembayaran listrik,
    telpon, pulsa, PDAM, TV Berbayar, Internet, cukup dari genggaman anda saja . Transaksi dapat dilakukan
    melalui Website, SMS, Android, BlackBerry, iPhone dan YM dan anda mendapatkan casback disetiap transaksi anda dan mitra di jaringan anda.
    Penasaran Dengan Bisnis
    Ustd. Yusuf Mansur ini Kunjungi Website: KLIK DISINI

    ReplyDelete
  32. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete